5 Cara Jitu Menulis Essay Untuk Aplikasi Beasiswa Kuliah Yang Menarik Tim Seleksi 

5 Cara Jitu Menulis Essay Untuk Aplikasi Beasiswa Kuliah Yang Menarik Tim Seleksi 

Essay merupakan salah satu persyaratan penting untuk aplikasi beasiswa. Kamu tidak bisa menyepelekan prosedur yang satu ini. Karena bakalan berdampak terhadap keberhasilan aplikasi kamu. Essay juga merupakan salah satu syarat wajib dalam tahap seleksi administrasi beasiswa.  

Melalui Essay calon penerima beasiswa akan menuliskan narasi tentang latar belakang, visi dan misi setelah menyelesaikan pendidikan. Kamu juga wajib paham bahwa essay harus ringkas, padat dan jelas. Dengan ketentuan lima ratus hingga seribu kata. Buat kamu yang punya mimpi untuk mendapatkan beasiswa di dalam maupun luar negeri, wajib untuk mengetahui cara menulis essay yang menarik perhatian tim penyeleksi. Berikut ini merupakan tips cara menulis essay yang menarik sehingga kamu berpotensi untuk lolos seleksi.  

  1. Melakukan Riset Informasi Tentang Universitas Yang Kamu Tuju 

Sebelum menulis essay kamu wajib melakukan riset informasi tentang universitas yang akan kamu tuju. Hal ini sangat penting agar kamu bisa menyampaikan alasan  memilih universitas tersebut. Kamu bisa melakukan riset tentang universitas tersebut seperti program studi, visi dan misi, pengalaman kuliah dari para alumni atau berbagai hal menarik lainnya. 

  1. Menyampaikan Visi Dan Misi Yang Jelas  Dan Menarik 

Salah satu penilaian terpenting dari tim penyeleksi beasiswa adalah, seberapa serius kamu untuk mencapai impian. Oleh karena itu kamu wajib  menjelaskan tentang visi dan misi kamu setelah selesai menyelesaikan pendidikan. Kamu juga harus menyampaikan rencana kedepannya tentang apa yang akan kamu lakukan untuk mengaplikasikan ilmu yang kamu dapatkan selama perkuliahan. Dan pastikan kamu menjelaskan apa project yang akan kamu lakukan jika kamu kembali ke Indonesia. Hal ini menjadi poin penting buat kamu yang mengambil beasiswa di universitas luar negeri. 
 

  1. Membuat Essay Yang Terstruktur, Padat Dan Jelas 

Dalam membuat Essay ada beberapa aturan yang harus dipenuhi calon pelamar. Salah satunya adalah jumlah kata. Pastikan kamu membuat essay yang singkat, padat, jelas dan tidak bertele-tele. Membuat kerangka tulisan yang terstruktur sesuai dengan topik yang ditentukan. Intinya kamu harus menyampaikan poin-poin penting tentang rencana kamu kedepannya setelah menyelasikan pendidikan, dan bagaimana kamu mengimplementasikan ilmu yang kamu dapatkan terhadap masyarakat luas. 

  1. Membuat Kalimat Pembuka Yang Menarik 

Kalimat pembuka merupakan kesan pertama yang akan menarik perhatian tim penyeleksi beasiswa. Kamu wajib membuat kalimat pembuka yang menyentuh tim penyeleksi. Kamu bisa mengawali story telling tentang topik yang kamu pilih. Misalnya jika kamu mengambil topik tentang kesehatan, kamu bisa menjelaskan tentang kurangnya tenaga kesehatan di Indonesia. Dan ketimpangan tenaga medis atara di Indonesia bagian barat dan timur. Kamu bisa menyampaikan berupa fakta yang menarik atau pengalaman pribadi. 

  1. Menunjukan Rasa Percaya Diri Dan Membuat Penutup Yang Berkesan 

Rasa percaya diri merupakan gambaran dari kompotensi seseorang. Kamu harus menuliskan kalimat-kalimat yang menunjukan ambisi, kualitas dan keahlian kamu. Selain itu kamu juga bisa membuat penutup essay yang berkesan. Menjelaskan apa yang membedakan kamu dengan pelamar lain. Sehingga tim seleksi yakin dengan kemampuan kamu. Hal ini akan memberikan peluang besar beasiswa kamu lolos seleksi. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam membuat essay beasiswa yang menarik. Pastikan kamu harus melibatkan banyak usaha dan kerja keras. Dan tentunya belajar dari setiap kegagalan. Buat kamu yang mau kuliah di luar negeri dengan biaya murah, Victory Consultancy adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa konsultasi secara gratis tentang kuliah di luar negeri khususnya Australia. Kamu dapat konsultasi mulai dari pengurusan visa pelajar, pendaftaran ke universitas hingga mencari akomodasi murah. Untuk memulai konsultasi kamu bisa langsung klik logo whatsapp di pojok kanan bawah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Jakarta Melbourne